Advertisement here

Jenis - Jenis Kerusakan pada VGA dan Solusinya

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

VGA Card atau kepanjangannya adalah Video Graphic Adapter atau biasa disebut juga oleh beberapa orang yaitu GPU (Graphic Processor Unit). Merupakan sebuah komponen dasar pada sebuah komputer ataupun laptop yang fungsi utamanya adalah sebagai pemroses graphic yang akan di tampilkan oleh layar monitor. namun jangan salah karena sebenarnya VGA dan GPU itu berbeda. singkatnya, VGA merupakan pusat pemprosesan Grafis yaitu tempat semua grafis telah diproses oleh GPU yang terpasang di VGA. dapat kita analogikan bahwa VGA hampir sama dengan Motherboard hanya saja pada motherboard, semua pemrosesan data berada di CPU sedangkan pada VGA pusat pemrosesannya terjadi di GPU.

solusi dan jenis kerusakan pada VGA
Title

nah sekarang semua sudah jelaskan, bahwa VGA itu berbeda dengan GPU walaupun intinya sama untuk memroses sebuah grafis. tapi pada postingan kali ini, admin tidak membahas mengenai perbedaan antara VGA dan GPU saja, tetapi akan admin bahas mengenai Berbagai macam Kerusakan Pada VGA yang biasa terjadi ketika kamu sedang main game atau sedang menonton film di komputer dan laptop. masalah ini bisa terjadi pada semua merk VGA mulai dari NVDIA GeForce atau AMD Radeon seri apapun. untuk itu ada baiknya disimak baik - baik.

kerusakan pada VGA dan GPU ini sangat beragam, dan yang akan admin bahas kali ini ada sekitar 5 Jenis Kerusakan. diantaranya yaitu :
  1. GPU Artifacts
  2. Bus Artifacts
  3. Video RAM Artifacts
  4. DVI Corruption
  5. Tinted Screen
nah apakah diantara kalian pernah mendengar istilah - istilah tersebut di atas ? mungkin terdengar sedikit aneh ya tapi percayalah bahwa istilah di atas sering kalian temui atau bahkan pernah mengalami. langsung saja kita bahas.

GPU Artifacts

Biasanya jika VGA kita terkena penyakit ini, maka gejalanya akan timbul kotak - kotak pada layar monitor bahkan banyak kasus terjadi pada seluruh bagian layar.

GPU artifacts pada VGA
contoh VGA terkena GPU Artifacts

masalah seperti ini terjadi Karena panas yang berlebihan pada GPU sehingga solusinya adalah dengan memeriksa kipas/fan pada pendingin GPU yang ada di VGA kamu. periksa apakah kipas tersebut berputar secara normal ? atau kalau kamu mengerti lakukan Undervolting (menurunkan clock GPU). jika dirasa belum menyelesaikan masalah, coba ganti pendingin dengan pendingin yang terpisah.

BUS Artifacts

hampir sama seperti masalah diatas, jika VGA kamu mengalami gambar seperti ini ada kemungkinan bahwa VGA kamu mengalami Bus Artifacts.
contoh VGA terkena BUS artifacts
Contoh Bus Artifacts
Masalah ini biasanya dialami oleh VGA slot AGP. terjadi ketika Vram menyimpan data di memori utama PC  dan terjadi conflict ketika proses pemindahan data dari memori utama ke dalam memori VGA. solusinya adalah dengan menurunkan AGP dari 8x menjadi 4x.


Video RAM Artifacts

kalau yang ini hampir sama seperti diatas namun biasanya terjadi pada jenis VGA slot PCI-E. Artifact memory video dapat menyebabkan beberapa keanehan pada grafis yang di tampilkan namun hanya terjadi pada beberapa objek saja.

contoh kasus VRAm artifact
VRAM artifact 

VRAM berperan dalam menampilkan grafis yang biasa disebut Frame Buffer. nah Frame Buffer inilah yang berfungsi menyimpan gambar yang telah terproses, jika frame buffer tersimpan pada memory yang buruk maka artifact seperti pada gambar diatas akan terjadi. mungkin gambar di atas terlihat seperti bug di dalam game, tetapi sebenarnya bukanlah bug melainkan disfungsi VGA yang mengalami artifact. sayangnya solusi dari hal ini dalah dengan mengganti VGA dengan yang baru, atau sebelumnya bisa dicoba melakukan undervolting pada VGA. tapi hati - hati saat melakukan undervolting karena bisa menyebabkan windows Gagal Booting kalau tidak tahu caranya.

DVI Corruption

nah kalau ini kasusnya jika kamu menggunakan connector DVI untuk menampilkan gambar dari CPU ke monitor kamu.
masalah pada kabel DVI
contoh CVI corruption
masalah ini biasanya menunjukan garis - garis vertikal maupun horizontal, ada beberapa pilihan solusi diantaranya :

  • Ganti kabel DVI
  • Update display driver
  • Gunakan Reduced Blanking
  • Gunakan kabel yang lebih pendek
  • turunkan Refresh rate
masalah seperti ini mungkin ada yang menyangka akibat virus, tapi sebenarnya bukan, karena virus sangat jarang dapat menyerang sebuah hardware.

Tinted Screen

contoh tinted screen pada monitor
contoh tinted screen
pernahkan kalian mengalami hal seperti diatas ? ketika warna pada monitor menjadi kurang cerah atau malah berubah warna. yup, inilah yang di namakan Tinted Screen. masalah ini biasanya terjadi karena misadjusted atau komponen monitor yang rusak. biasa juga terjadi pada monitor jenis CRT.
solusinya adalah dengan mencoba bersihkan kabel konektor dan atur kecerahan pada monitor, jika tidak bisa berarti kesimpulannya terdapat kerusakan pada hardware monitor.

Nah itulah dia Masalah dan Solusi Kerusakan pada VGA dan GPU, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu semua, jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain dan tinggalkan komentar atau like fanspage kami untuk mendapatkan update terbaru seputar masalah pada komputer atau laptop :) salam My Repair Solution.


Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Artikel,Hardware,Trobleshoting,Windows 7,Windows 8