Advertisement here

Memperbaiki Printer Tidak Bisa Nyala Mati Total Epson ( L110,L300,L350,L355,L800)

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Ada banyak sekali keluhan Konsumen terkait dengan permasalahan yang akan kita bahas kali ini, dalam hal ini adalah Printer L Series Yang Mati Total, tidak bisa nyala. yaa Kemungkinan besar hal ini bisa kita katakan salah satu kelemahan Printer L series Ini, Apalagi kita tahu bahwa jenis produk yang satu ini adalah buatan dalam negri.

Baiklah, Mengatasi Printer Epson L110,L350,L355 Mati Total atau tidak bisa nyala alias sama sekali tidak ada respon saat saat kita menekan Tombol On, sebenarnya bisa kita perbaiki, olehnya itu jika anda menemukan kendala yang demikian, semoga saja tutorial ini bisa memberikan sebuah solusi, Nah, terkait dalam hal ini, pada dasarnya yang perlu anda perhatikan adalah ada beberpa Unit atau Komponen dasar yang perlu anda Cek terlebih dahulu, apa sajakah ini?? Antara lain adalah Kabel Power, Adaptor dan mainboard.

Ketiga Komponen yang disebutkan di atas saling berkaitan.

Kabel Power
Dalam hal ini, hal paling awal yang perlu anda check adalah Kabel Powernya, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kabel tersebut, coba anda lakukan pengetesan dengan menggunakan kabel Power yang lain, Nah jika memang sama sekali tidak ada respon, tahap selanjutnya kita lakukan pengecekan pada Adaptor.

Adaptor
Jika memang anda sudah yakin, bahwa pasokan listrik sudah sempurna dalam hal ini adalah Kabel dalam kondisi baik-baik saja. pastikan bahwa bagian out put adaptor sekitar 42 volt, jika tidak kemungkinan besar yang menjadi kendala penyebab printer tidak bisa menyala adalah adaptornya, ganti dengan adaptor yang baik.

Main Board
Jika kedua cara di atas telah anda lakukan lantas tidak ada hasil sama sekali, sudah bisa kita pastikan bahwa yang menjadi pokok permasalahan disini adalah Mainboardnya, mengapa? perlu anda ketahui bahwa Mainboard adalah komponen yang bekerja atau tugas utama yang mengontrol seluruh kinerja Printer, baik itu Kartridge, dan beberapa komponen lainnya, dalam hal permasalah disini yang perlu anda perhatikan adalah disitu anda akan menemukan 2 buah Transistor yang memiliki arus rating yang lumayan tinggi, yaitu A2222 dan C6144,










nah inilah yang menjadi penyebabnya, jika komponen ini sudah rusak , maka sudah bisa kita pastikan printer sudah tidak bisa nyala atau mati total, silahkan anda lakukan pengecekan, dengan menggunakan tester melalui kaki-kakinya, jika memang bermasalah, maka tidak ada jalan yang lain selain anda harus menggantinya dengan Transistor yang baru.

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel tutorial untuk kali ini, semoga bisa membantu anda menyelesaikan masalah anda. jika ada yang kurang jelas, silahkan anda bertanya melalui kotak komentar di bawah ini. sekian,, wassalam

Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Printer Epson