Advertisement here

Solusi Printer Mencetak Tapi Tinta Tidak Keluar

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Printer Mencetak Tapi tidak mengeluarkan Tinta sama sekali adalah salah satu kendala yang kerap kali kita temui baik anda pengguna Printer epson, maupun Printer canon. Apakah penyebabnya adalah tidak adanya tinta pada cartridge?? bisa saja benar dan bisa saja tidak, tapi saya rasa masalah ini bukan semata-mata bahwa tidak adanya tinta atau tidak mengalirnya tinta tersebut. melainkan ada salah satu sparepart yang ada pada printer yang tidak bekerja secara optimal dalam hal ini bisa kita katakan rusak.

sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari salah pertanyaan yang diajukan oleh salah satu saudara kita yang menyatakan bahwa printer Epsonnya tidak bisa mengeluarkan tinta sama sekali, dan ironisnya lagi printer tersebut baru dia beli sekita sebulan yang lalu,, ia, memang masih baru. nah!! dari pertanyaan itulah saya mencoba menjawab dengan menuliskan artikel yang sederhana ini, dengan tujuan, semoga saja. jika ada lagi saudara yang mengalami hal yang serupa seperti ini, bisa mengatasi dengan beberapa tahap yang akan saya jelas kan di bawah ini.

apakah Printer tersebut Perlu di reset?? saya rasa jawabannya juga bukan seperti itu,, Printer yang memerlukan reset jelas memiliki Indikasi yang berbeda dengan masalah seperti yang satu ini. Printer akan di reset jika memang printer memang tidak bisa melakukan aktifitas pencetakan, jadi jelas itu sangatlah jauh berbeda,,  lantas bagai mana mengalami hal tersebut??. sejauh ini, ada beberapa penyebab mengapa Printer sama sekali tidak bisa mengeluarkan tinta seperti biasanya.

Penyebab Printer Tidak Bisa Mengeluarkan Tinta

Selang Printer Terjepit
Ya, Selang yang terjepit menyebabkan tinta menjadi tidak bisa berjalan dengan normal, tentunya itu jika anda telah Memasang sistem Infus pada printer anda, Solusinya, cek secara keseluruhan mulai dari ujung selang yang menempel pada penampungan tinta sampai pada bagian selang yang menempel pada cartridge, jika memang seperti ini, sebaiknya anda mengatur dan memperbaiki posisi selang infus yang terjepit tersebut. Jika setelah anda cek dan memang anda merasa bahwa selang tersebut baik-baik saja berarti yang bermasalah adalah bukan pada selang Printer anda ada masalah lain.


Printer Head Mampet
Printer mampet berarti head tersebut tertutupi oleh tinta, biasanya kondisi tersebut di alami ketika printer anda menggunakan printer infus, lantas anda tidak menggunakan printer anda dalam kurung  waktu yang relatif lama, sehingga Tinta yang ada pada Ujung Head Printer Menjadi tertutupi oleh tinta yang mengering sebelumya. Untuk mengatasi hal yang demikian saya telah mengulasnya secara lengkap di artikel terdahulu. silahkan anda Cek
  1. Untuk Pengguna Printer canon anda bisa kesini
     Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat
  2. Atau Mengatasi printer Epson super Mampet
Jadi silahkan anda pilih sendiri berdasarkan apa merk printer anda, apakah itu Canon atau Epson.

Catridge Atau Head Rusak

setelah anda menerapkan kedua langka-langkah diatas, namun anda tidak menemukan jawaban yang memuaskan, itu berarti Printer Head anda sudah rusak permanent, sebaiknya anda mengganti pada bagian Head Printer (Epson) atau  Cartridge (canon) anda.


Kabel Head Terbakar

Yang terakhir adalah Kabel Head Printer, Kabel yang menghubungkan antara Head Dengan Mother Board Printer, jujur untuk masalah ini pernah saya alami pada printer epson R230 saya, yang mana kerusakan tersebut disebabkan karena ada tinta masuk tepat pada bagian belakang head tempat pada ujung kabel tersebut, sehingga menyebabkan korsletting arus listrik dan berakhir dengan kerusakan.
Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada jalan lain selain anda harus mengganti Kabel Head tersebut dengan yang baru. dan tentunya sesuai dengan tipe dan merek printer anda.




Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Tutorial