Advertisement here

Penyebab Printer Epson Tidak Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Salam Epsoner, Memang betul ada banyak sekali Masalah yang kita temui ketika kita menggunakan printer, Baik itu Printer canon, Printer HP dan Tak Terkecuali pada Printer epson, dan masalah tersebut tak terbatas di masalah Error saja, Terkadang ada Masalah Atau Trouble Shoting diluar dari Error yang biasa kita Kenal, Misalnya saja Printer Tidak Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak. Jika anda menemukan Masalah ini, tidak ada indikasi error sama sekali, Saat printer kita hidupkan Printer kelihatannya baik-baik saja, seakan Printer Ready To Print

Namun masalah baru terlihat dengan jelas saat printer melakukan pencetakan, Hasil cetak mulai bergaris, Putus-Putus dan bahkan tidak ada tinta sama sekali, Untuk mengetahui dengan jelas tinta yang mana yang tidak berfungsi dengan optimal kita bisa melakukan pengecekan Di Nozzle Check, Disitu kita bisa tahu apakah Tinta hitamnya yang bermasalah atau Tinta warnanya. perhatikan Gambar Dibawah,


Mengatasi Printer Tintanya Putus-putus


Pada kasus yang Admin alami, dengan melihat gambar Nozzle Check di atas sudah terlihat dengan jelas bahwa ada salah satu tinta yang tidak Bisa keluar, dalam hal ini adalah tinta hitamnya (Bagian Kiri) Mohon Maaf agak Buram, dan yang mengherankan meskipun kita telah melakukan Head Cleaning Berkali-Kali hasilnya tetap nihil, tidak ada perubahan sama sekali terkait dengan hasil cetak yang dihasilkan, tetap saja putus-putus, dan dengan kondisi yang seperti itu, sangat tidak memungkinkan untuk mencetak foto dengan kualitas yang baik Bukan?, Nah pertanyaan yang paling mendasar adalah Mengapa Masalah ini Bisa terjadi? NahUntuk itulah mengapa saya selaku admin Me Launching Tulisan ini guna untuk membantu saudara-saudara sekalian ,

Jangan Lupa Baca


Nah Kita kembali ke pertanyaan di atasMengapa Masalah ini Bisa terjadi Apa Penyebabnya? berdasarkan Pengalaman admin sendiri selama terjun di dunia service ada 2 penyebab utama dan yang paling mendasar. antara lain

Jangan Lupa Baca

Penyebab Printer Epson Tidak Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

  1. Yang Pertama adalah Tinta Printer tidak bisa keluar Saat Mencetak Karena Didalam cartridge/Ciss Terjadi Kekosongan Tinta atau Terlalu banyak Rongga udara yang ada di dalam cartridge, Sehingga Saat Proses pencetakan terjadi Head Tidak Menyemprotkan Tinta Justru sebaliknya, Head Menyemprotkan Udara yang ada di dalam cartridge Tersebut. Sehingga secara otomatis guratan-guratan Tinta saat printer mencetak jadi Hilang..

    Umumnya Masalah seperti ini yang paling sering kita temui, dan yang menjadi penyebabnya adalah  Ketika Kita sering telat Melakukan Pengisian, Olehnya itu jika anda tidak ingin menemukan kendala seperti ini, Cobalah untuk melakukan pengisian sebelum tinta yang ada di dalam tabung jadi Habis. Usahakan Isi tinta printer anda Minimal Ketinggian tinta yang ada pada tabung yaitu 1cm.

    Solusinya Bagaimana? Penyebab yang pertama ini bisa kita atasi dengan melakukan Penyedotan Manual , kita sedot Semua udara yang ada di dalam cartridge Printer, Untuk yang satu ini Pernah Kita bahas Di Tutorial Sebelumnya kalau mau lebih jelas Anda Bisa Mempelajarinya Di Cara Mengatasi Tinta Tidak Keluar Pada Epson
  2. Yang Kedua adalah Tinta Printer tidak bisa keluar Saat Mencetak Disebabkan karena Head Mampet dalam hal ini Head tersumbat dan umumnya yang menjadi penyebab penyumbatan tersebut adalah tinta yang mengering sehingga menutupi Lubang-Lubang Nozzle printer tersebut, sehingga Hasil cetak tidak maksimal seperti biasanya.  Umumnya Kendala seperti ini sering kita temui ketika printer sangat jarang melakukan aktivitasnya dalam hal ini adalah cetak-mencetak dan akhirnya sisa-sisa tinta yang ada pada mulut Nozzle mengering,

    Untuk menghindari hal seperti ini, tentunya kita mengarah ke tinta, Artinya anda harus jeli untuk memilih Jenis tinta printer yang anda gunakan, dan Kalau memungkinkan Sebaiknya saya selaku admin menyarankan untuk menggunakan Tinta Pigment. Mengapa? perlu anda tahu bahwa Tinta Pigment itu terbuat dari bahan dasar Minyak, artinya Dengan Menggunakan Tinta Pigmen, Maka secara otomatis Penyumbatan Head yang disebabkan oleh tinta sangat jarang terjadi, Berbeda ketika kita menggunakan Tinta Dye, Tinta seperti ini berbahan dasar Air, jadi resiko keringnya itu jauh lebih besar ketimbang kita Menggunakan Tinta Pigment.

    Lantas Jika Masalah seperti Ini Sudah Terlanjur Terjadi Apakah Ada Solusinya? tentunya ada. jika Kondisi Head masih dalam Keadaan Fit atau tidak ada kerusakan dari segi fisik, tentunya masih ada jalan yang bisa kita tempuh. Yaitu dengan cara Membersihkan Headnya.  Caranya itu sangatlah Mudah Kita Cukup memasukkah Cairan Head Cleaner Ke dalam Head yang mampet tadi dengan Menggunakan Bantuan Suntikan Bekas.

    Terkait hal ini kalau mau lebih jelas lagi anda bisa langsung saja berkunjung Ke LInk Ini Disini Cara Mengatasi Tinta Tidak Keluar Pada Printer Epson L 210 Admin sengaja menuliskannya secara terpisah karena terlalu panjang jika kita bahas Di satu Thread saja satu persatu.
  3. Yang terakhir atau yang ketiga adalah Tinta Printer tidak bisa keluar Saat Mencetak Disebabkan karena Head Cacat Fisik /Rusak atau Broken Nozzle. Biasanya Kondisi seperti ini sering kita temui pada printer yang terlalu berat melakukan Pekerjaannya, artinya Kerusakan terjadi karena Over Head artinya Printer mencetak terlalu banyak dalam Satu Kali Pencetakan saja, Head Jadi Panas sehingga Nozzle yang ada pada Head Jadi Melemah dan Berakhir pada Kerusakan.

    Olehnya itu Sebaiknya saat anda Mencetak sebuah Dokument atau gambar dalam Jumlah yang cukup Besar misalnya di atas 200an sebaiknya beri waktu jeda, Biarkan Head printer Kembali Mendingin. karena kalau tidak, anda harus menerima resiko terhadap Kerusakan Head Printer anda, Memang benar ada beberapa Printer epson yang mampu mencetak dokument dalam Jumlah yang sangat besar dalam sekali cetak saja, Misalnya Epson L series, dan itu sudah Terbukti, Namun untuk jenis atau Tipe printer yang lainnya, admin sendiri tidak bisa menjamin, Olehnya itu sebaiknya kita ambil langkah amannya saja.

    Jika kerusakan tersebut sudah terjadi Maka tidak ada jalan lain yang harus kita tempuh, yaitu Mau tidak Mau Kita harus mengganti Head tersebut dengan Head Printer Baru yang sesuai dengan Printer yang kita gunakan.

Nah itulah tadi 3 Penyebab umum Printer Epson Tidak Bisa Mengeluarkan Tinta saat Mencetak. admin Sendiri Membagikan kepada anda tulisan ini dengan tujuan agar anda bisa tahu dan mengerti Apa penyebab printer tidak bisa mengeluarkan tinta, sehingga anda bisa lebih teliti dan lebih waspada lagi terhadap  Kerusakan Pada Printer anda.

Baiklah saya rasa untuk Tips Epson Kali ini cukup sampai disini dulu. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat,  Akhir kata Semoga sukses dan wassalam..

Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Printer Epson