Advertisement here

Solusi Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Normal

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula.

Touchpad pada suatu laptop atau notebook merupakan perangkat vital yang sangat berpengaruh. karena touchpad merupakan pointing device pengganti mouse yang biasa kita pakai untuk menggerakan cursor pada layar. nah tapi pernahkah secara tiba - tiba anda tidak dapat menggerakan touchpad anda itu ? hmm tentu hal ini membuat kita sangat panik.

Mengatasi Touchpad tidak berfungsi
pernah mengalami hal ini ?

pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan beberapa penyebab serta solusi Mengapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi dan bagaimana mengatasinya. Banyak sekali kasus seperti ini yang sering terjadi. entah tidak dapat bergerak sama sekali, atau terkadang error bergerak dengan sendirinya. nah penyebabnya sangatlah beragam seperti :
  • Kerusakan Hardware (touchpad)
  • Kerusakan Driver
  • Driver belum terinstall
  • Kesalahan setting touchpad
  • File system corrupt
namun, pada kesempatan kali ini admin tidak akan membahas cara mengatasi touchpad yang sudah rusak parah, misalnya konsletting listrik atau terbakar. admin hanya akan memberikan solusi yang dapat dengan mudah dilakukan tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis mengenai hardware laptop pada umumnya, silahkan disimak.

Membersihkan Debu pada touchpad

Debu memang menjadi musuh utama bagi pecinta barang eletronik seperti kita, tidak terkecuali laptop yang setiap hari kita bawa. jangan salah bahwa debu yang menumpuk di touchpad dapat mengurangi sensitivitas touchpad itu sendiri, sehingga ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan dengan membersihkan seluruh bagian laptop dengan kain kanebo (jangan terlalu basah). namun bila secara tidak sengaja laptop kamu tersiram air, kamu bisa baca artikel mengenai Solusi Mengatasi laptop tersiram air/kehujanan.

Download Driver Resmi Touchpad

pada saat pertama kali menggunakan laptop / notebook, memang touchpad kita sudah secara otomatis dapat dipakai, tetapi jangan lupa juga untuk melakukan instalasi driver touchpad yang disediakan di website resmi vendor laptop kita. seperti Asus, Toshiba, HP, Acer, Lenovo, dll. karena dengan instalasi driver touchpad, maka akan mengurangi resiko terjadinya error.

Bagi anda touchpadnya berasal dari synapse, jika touchpad anda tidak dapat digerakan, coba lakukan hal ini. :

solusi untuk touchpad synapse
mengaktifkan tap to click
1. gunakan mouse terlebih dahulu, lalu klik kanan pada logo merah seperti diatas, dan klik "tap to click".
2. sekarang coba gerakan touchpad anda lagi. semoga dapat menyelesaikan masalah :)

jika cara diatas masih belum bisa juga menyelesaikan masalah, coba lakukan tahapan berikut ini :

1. Buka Control Panel
2. Cari menu Hardware and Sound lalu klik Mouse.
3. Pilih tab Device Setting dan klik Enable


klik enable pada device setting
klik enable pada device setting



Restore Setting BIOS

Cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengatasi touchpad yang error atau tidak bisa digunakan adalah dengan melakukan Restore Default yang dilakukan di menu BIOS. bagi anda yang kurang paham dengan menu BIOS harap berhati - hati, pastikan ikuti langkah - langkahnya dengan seksama karena memang menu BIOS dapat berbeda - beda. jika terjadi Gagal Booting setelah melakukan hal ini, Baca : Mengatasi Windows gagal Booting.

1. Matikan atau restart laptop anda.
2. Setelah itu tekan tombol F2 pada keyboard secara cepat ketika laptop melakukan booting. maka akan muncul menu BIOS. (jika kurang cepat, maka anda harus melakukannya dari ulang).

menu BIOS
menu BIOS
3. lalu tekan tombol F9, untuk mengubah settingan menjadi default.
4. terakhir tekan tombol F10 untuk keluar.

nah, sekarang coba kamu gunakan Touchpad kamu, seharusnya sudah kembali berfungsi. :). itulah dia Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Error.  Semoga bermanfaat bagi anda, bila berkenan jangan lupa tinggalkan komentar atau like fanspage kami untuk mendapatkan berita terbaru seputar teknologi terkini :) salam MyRepairSolution.


Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi artikel tentang bisnis online.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Hardware,Trobleshoting